Saturday, June 18, 2011

DAFTARKAN BLOG KE SEARCH ENGINE

Siapa yang tidak kenal dengan search engine Google, Yahoo, Bing. 3 search engine diatas yang harus sobat fokuskan untuk promosi blog. Dari statistik, saat ini Google adalah search engine yang paling banyak digunakan orang untuk mencari kata kunci atau keyword.

Dalam tulisan ini saya tidak akan menjelaskan secara detail bagaimana cara mengoptimalkannya, tapi sobat akan saya jelaskan tentang bagaimana cara melakukan promosi blog ke Google, Yahoo dan Bing.

I. Cara daftar ke Google !

Bisa dibilang Google adalah rajanya Search Engine, saya sangat menyarankan sobat untuk mendaftarkan blog sobat pertama kali di Google.


Untuk cara mendaftarnya arahkan ke http://www.google.com/addurl atau klik disini. Pada halaman formulir pendaftaran, isi alamat blog sobat dan beri komentar sesuai tema blog sobat, kemudian klik tombol Add Url.

google

II. Cara Daftar ke Yahoo !

Untuk mendaftarkan blog sobat ke Yahoo, syaratnya harus sudah punya account Yahoo terlebih dahulu. Kalau sobat sudah punya account di Yahoo, silahkan tuju halaman http://siteexplorer.search.yahoo.com/submit atau langsung saja klik disini. Kemudian untuk mengisi formulir pendaftarannya, perhatikan dua kolom isian yang di sediakan oleh Yahoo.

Kolom yang pertama sobat bisa isikan alamat Website atau Blog sobat, seperti ini contohnya :
http://www.namablog.blogspot.com
Kolom yang kedua sobat bisa isikan alamat sitemap sobat, contoh :
 http://www.namablog.blogspot.com/atom.xml
Kemudian klik Submit.

yahoo


III. Cara Daftar ke Bing !

Search Engine bing cukup lumayan banyak dipergunakan orang sebagai mesin pencari, jadi saya sarankan sebisa sobat daftarkan juga blog sobat ke bing.
Silahkan tuju halaman http://www.bing.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2 atau langsung saja klik disini.

Kemudian pada halaman formulir, isi kode verifikasi dan sobat diminta memasukkan alamat blog sobat.

bing 

Silahkan dicoba, semoga blog sobat segera terindeks di Google, Yahoo dan Bing.

No comments:

Post a Comment